Revitalisasi Prolegnas Di Indonesia (II)

Judge by ~ARTOONATOR

Judge by ~ARTOONATOR

Legislasi menurut Hans Kelsen dipahami bukan sebagai pembentukan dari semua norma umum, melainkan hanya pembentukan norma umum yang dilakukan organ khusus, yang disebut lembaga legislatif. Dan norma – norma umum yang dibuat lembaga legislatif disebut undang – undang.

Hal yang menjadi sorotan utama penulis ialah mengingat banyaknya jumlah RUU yang diajukan berbagai pihak, lalu bagaimana menentukan RUU prioritas yang ideal sehingga dalam hal realisasinya akan lebih rasional untuk dilaksanakan. Hal ini tentu akan dikaitkan dengan keadaan sumber daya manusia, beban masalah yang ditanggung untuk dipecahkan dengan pembuatan undang – undang, konflik kepentingan, dan hal – hal lain yang sekiranya bersangkutan.

A. Cita – cita prolegnas

dream by ~IVYangelica

dream by ~IVYangelica

Program legislasi nasional atau disingkat menjadi prolegnas merupakan sebuah sistem perencanaan pembangunan hukum nasional yang dilahirkan pada simposium mengenai pola perencanaan hukum dan peraturan perundang – undangan di Daerah Istimewa Aceh tahun 1976, lalu dibuat konsepnya pada saat lokakarya penyusunan Prolegnas di Manado Sulawesi Utara tahun 1977. saat itu disepakati peran BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) dalam penyusunan peraturan perundang – undangan secara berencana dari hulu ke hilir berdasarkan tahapan – tahapan yang terintegratif.

Lalu hingga masa pasca reformasi, ternyata belum terlihat hasil pembangunan tertib tata hukum yang diharapkan, masih banyak peraturan perundang – undangan yang dianggap bermasalah atau overlapping dengan peraturan perundang – undangan lain baik secara vertikal ataupun horizontal. Maka dikeluarkanlah UU No. 10 tahun 2004 yang mengatur jenis – jenis peraturan perundang – undangan dan hierarkinya, serta dimasukkan secara resmi prolegnas dan prolegda agar ada jaminan konsistensi antar berbagai peraturan perundang – undangan terutama agar setiap peraturan perundang – undangan dapat menjadi aliran nilai (derivasi) kaidah – kaidah hukum nasional yang bersumber pada Pancasila.

masih banyak peraturan perundang – undangan yang dianggap bermasalah atau overlapping dengan peraturan perundang – undangan lain baik secara vertikal ataupun horizontal

Adapun visi yang diemban dalam penyusunan prolegnas adalah “terwujudnya negara hukum yang adil dan demokratis melalui pembangunan sistem hukum nasional dengan membentuk peraturan perundang – undangan yang aspiratif, berintikan keadilan dan kebenaran yang mengabdi pada kepentingan rakyat dan bangsa, serta tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”. Untuk mencapi visi tersebut, prolegnas disusun dengan misi  :

1.      mewujudkan materi hukum di segala bidang dalam rangka penggantian terhadap peraturan perundang – undangan warisan kolonial dan hukum nasional yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan masyarakat yang mengandung kepastian, keadilan, dan kebenaran dengan memperhatikan nilai – nilai hukum yang hidup dalam masyarakat.

2.      mewujudkan budaya hukum dalam masyarakat yang sadar hukum

3.      mewujudkan aparatur hukum yang berkualitas, profesional, bermoral, dan berintegrasi tinggi, serta

4.      mewujudkan lembaga hukum yang kuat, terintegrasi, dan berwibawa.

Sehingga merangkum visi misi diatas dengan mengutip pemaparan Mahfud MD, prolegnas memiliki dua fungsi utama: pertama, sebagai potret rencana isi hukum untuk mencapai tujuan negara yang sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, dan sistem hukum nasional selama lima tahun. Kedua, sebagai mekanisme atau prosedur pembuatan agar apa yang telah ditetapkan sebagai rencana dapat dilaksanakan dengan prosedur dan mekanisme yang benar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s