Revitalisasi Prinsip Utmost Good Faith Dalam Perjanjian Asuransi di Indonesia (IV)

Bagian terakhir dari tulisan ini dimaksudkan untuk menyimpulkan hasil temuan dari rangkaian penjelasan terhadap rumusan masalah tentang bagaimana penerapan prinsip utmost good faith dalam perjanjian asuransi di Indonesia. Dari pembahasan mengenai makna subtansial perjanjian asuransi dan penerapan prinsip utmost good faith dalam perjanjian asuransi, dapat dikatakan begitu banyak celah yang sangat membuka kemungkinan dilanggarnya prinsip utmost good faith dalam perjanjian asuransi di Indonesia.

Ketika dilihat dari sudut pandang perjanjian sebagai landasan asuransi, terdapat klausula adanya kesepakatan untuk mengikatkan diri sebagai syarat sahnya perjanjian. Hal ini berarti harus terciptanya sebuah konsensus dimana kedua belah pihak harus menyetujui perjanjian dan mengetahui keadaan perjanjian, hingga akhirnya menjadi hubungan perikatan. Prinsip utmost good faith, yang menghendaki adanya kejelasan mengenai keadaan kedua belah pihak dalam perjanjian asuransi ternyata masih sangat dimungkinkan adanya pelanggaran – pelanggaran. Yakni yang berbentuk misrepresentation dan disclosure. Pelanggaran tersebut diperkokoh dengan bukti kasus empirik yang memperlihatkan ketidak jujuran tertanggung dalam menjelaskan keadaan riil yang terjadi.

Itulah poin – poin yang telah penulis kumpulkan terkait impian untuk merevitalisasi prinsip utmost good faith dala perjanjian asuransi di Indonesia. Dengan menutup celah – celah pelanggaran yang telah dijelaskan tersebut, diharapkan peran asuransi dalam lingkup makro dan mikro dan direalisasikan. Sehingga spirit dari implementasi asuransi di Indonesia tidak disalahgunakan baik oleh pihak tertanggung ataupun pihak penanggung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s