Robohnya Surau Kami

kanggurumerahputih.blogspot.com

kanggurumerahputih.blogspot.com

Softcover, 139 pages
Published 2006 by Gramedia Pustaka Utama (first published 1986)
ISBN :9794030465
edition language: Indonesian
original title: Robohnya Surau Kami
goodreads rating: 3.77
Engkau kira Aku ini suka pujian, mabuk disembah saja, hingga kerjamu lain tidak memuji-muji dan menyembahKu saja.
Tidak…”
(Robohnya Surau Kami)

Saat melihat buku A.A. Navis yang satu ini di toko buku, tentu saya segera menghentikan langkah dan menyempatkan melihat-lihat. Sudah lama tahu, tapi baru ada keinginan baca saat itu. Satu hal yang saya dapat simpulkan dari A.A. Navis, ia sangat menyukai kejutan. Dari sekian cerpen dalam kumcernya kali ini, yang dapat saya temukan adalah kejutan di setiap cerpennya. Pesan moralnya sungguh dalam. Saking dalamnya, saya harus mengulang membaca dua-tiga kali di beberapa bagian cerpennya. Menyenangkan merasakan nuansa pedesaan Sumatra dan iklim religius yang digurat A.A. Navis dalam cerpen-cerpennya.

Walau ada beberapa cerpen yang tertebak endingnya, namun di beberapa cerpen lainnya A.A. Navis berhasil berfikir di luar out of the box. Saya ulangi, di luar out of the box. Walaupun saya sudah mencoba menerka-nerka jalan ceritanya hingga ke ujungnya, mencoba berfikir out of the box, tapi A.A. Navis selalu mengerahkan ke alur cerita yang sama sekali tidak bisa ditebak. Luar biasa.

Mungkin setelah ini saya akan coba membaca kumcer-kumcer lain, ya, terima kasih kepada A.A. Navis yang sudah memberikan kesan yang baik pada kumcer pertama yang saya baca. MARVELOUS!

7 responses to “Robohnya Surau Kami

  1. Does this book have English version ? Is there any good Indonesian book that have been translated in English ? I would appreciate your help .
    Thanks
    Alpa

    • I guess this book ain’t have english version. But i could give you some recomendations indeed.
      Try to find Rainbow Troops tetralogy, authored by Andrea Hirata. I admit it as Indonesian most powerfull book. This book successed to make Indonesian people start to read novel. It’s mostly tell you about education in Indonesia, Belitong actually.
      Or you could try to find The Land of Five Towers, authored by Ahmad Fuadi. Really opening your eyes about Islam Education in Indonesia. Great novel.

      Try to find those books, and you’ll start to love Indonesian book :)

Leave a Reply

