Kisah Harun ar Rasyid dan Bahlul

“Karena aku tahu bahwa ini (menunjuk istana Harun ar Rasyid) pastilah sirna. Sedangkan ini (menunjuk kubur) kekal”.

hauzahmaya.com

hauzahmaya.com

Dikisahkan bahwa Bahlul adalah seorang laki-laki gila pada zaman pemerintahan Khalifah Bani Abbasiyah, Harun ar Rasyid. Satu dari keanehan Bahlul bahwa suatu saat Harun ar Rasyid lewat saat Bahlul duduk di atas kuburan. Harun berkata, “Hai Bahlul, kapan kamu waras?” Bahlul pun menghentakkan kakinya lalu memanjat pohon tertinggi kemudian berteriak sekeras-kerasnya. “Hai Harun, orang orang gila. Kapan kau menjadi waras?”

Harun datang ke bawah pohon tersebut lalu bertanya, “Aku atau kamu selalu duduk di atas kuburan yang gila?” Bahlul menjawab, “Aku yang waras.” Harun berkata, “Bagaimana bisa demikian?” Bahlul menjawab, “Karena aku tahu bahwa ini (menunjuk istana Harun ar Rasyid) pastilah sirna. Sedangkan ini (menunjuk kubur) kekal”. Bergetarlah hati ar Rasyid karena kata-kata Bahlul. Ia menangis hingga jenggotnya basah. “Demi Allah, engkau benar.”

Lalu dia melanjutkan perkataannya. “Apakah kamu punya kebutuhan nanti bisa kupenuhi?” Bahlul menjawab, “Ya, aku punya tiga kebutuhan jika engkau bisa memenuhinya aku ucapkan terima kasih. “Mintalah!” Kata Harun. Bahlul menjawab, “Engkau tambah umurku.” Harun menjawab, “Aku tak bisa.” Bahlul berkata, “Kau jaga aku dari malaikat maut.” Harun menjawab, “Aku tak bisa.” Bahlul berkata, “Kau masukkan aku ke dalam surga.” Harun menjawab, “Aku tak bisa.” Bahlul berkata, “Kalau demikian, ketahuilah bahwa engkau hanyalah budak, bukan raja. Aku tidak membutuhkanmu.”

From Ust. Muhammad Syafii Masykur Facebook page

Leave a Reply

