Logo Universitas Gadjah Mada Residence

Universitas Gadjah Mada Residence

Universitas Gadjah Mada Residence

nose!Logo ini pada awalnya dibuat untuk mengikuti kompetisi desain logo UGM Residence. Iseng-iseng berhadiah. Tapi ternyata tidak jelas hasilnya. Sama sekali tidak ada follow up dari panitianya.

amore!Daripada berlumut di harddisk, mending diupload di blog. Berikut juga ada penjelasan, konsep perancangan logo dan presentrasi logo itu, menjelaskan makna falsafahnya, there you go:

Konsep Perancangan Logo

  1. Mengambil bentuk dasar logo dengan bentuk persegi empat berwarna biru
  2. Terdapat kalimat “UNIVERSITAS GADJAH MADA RESIDENCE” di dalam persegi biru
  3. Menghiasi bentuk dasar persegi biru dengan siluet logo UGM yang dimodifikasi menjadi empat  tingkatan gradasi warna
  4. Menjadikan rumah dengan pintu terbuka sebagai pusat dari logo yang diselimuti gradasi siluet logo UGM

Presentasi Logo

  1. Bentuk persegi empat sebagai dasar dari logo dan empat warna gradasi siluet logo UGM merupakan representasi dari empat visi dan misi serta empat tata nilai yang menjadi cita – cita dari UGM Residence. Keduanya (visi – misi dan tata nilai) saling melengkapi, sehingga tercipta keharmonisan yang menjadi senjata utama UGM Residence dalam usahanya untuk mewujudkan cita – citanya
  2. Warna biru yang menjadi warna persegi empat tersebut merepresentasikan blue planet (julukan planet bumi) yang merupakan cita – cita UGM Residence untuk menjadi Residence berkelas dunia
  3. Siluet logo UGM merupakan identitas bahwa UGM Residence adalah bagian yang tidak terpisahkan dari UGM
  4. Gradasi siluet logo UGM merupakan representasi dari diversitas yang harus dijaga dalam lingkup UGM dan UGM Residence khususnya. Ditambah dengan logo rumah dengan pintu terbuka di tengahnya, sehingga dapat disimpulkan UGM Residence merupakan rumah bagi seluruh keluarga besar UGM tanpa memandang warna kulit, ras, agama, dan suku (diversitas)
  5. Siluet Logo UGM ditambah dengan 4 warna gradasinya yang menaungi persegi biru dengan kalimat “UNIVERSITAS GADJAH MADA RESIDENCE” merepresentasikan matahari dengan segala manfaatnya yang menaungi bumi dan segala makhluk hidup yang tinggal didalamnya. Dengan analogi serupa namun tak sama, UGM Residence haruslah menjadi pusat tempat bernaung yang nyaman layaknya harmoni antara matahari dan bumi yang memberikan manfaat bagi penghuni didalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s