Pengakuan Kemerdekaan Indonesia

news.liputan6.com

news.liputan6.com

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menerima kedatangan Duta Besar Vatikan Antonio Guido Filipazzi. Pertemuan itu diakui hanya bentuk silaturahmi antara Dubes Vatikan dan Pemrov DKI […]

http://news.liputan6.com/read/536161/ahok-vatikan-negara-pertama-akui-kemerdekaan-indonesia

Untuk kunjungan yang satu ini tidak ada masalah, kunjungan mempererat persaudaraan ya boleh donk. Tidak ada yang melarang. Tapi yang jadi masalah adalah pernyataan Bpk. Wagub Basuki Tjahaja Purnama a.k.a. Ahok, yang mengatakan:

Tadi dikasih kenang-kenangan medali Paus, tapi cetakan lama, belum ada cetakan baru. Dikasih buku sejarah Paus keuskupan dari 1947. Kan Vatikan itu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” jelas Ahok seraya tersenyum.

http://news.liputan6.com/read/536161/ahok-vatikan-negara-pertama-akui-kemerdekaan-indonesia

Yakin Vatikan adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia? Let’s check it out!

Dalam buku Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri karya M. Zein Hasan, Lc. (Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia) menyatakan tentang peran serta opini dan dukungan nyata Palestina terhadap kemerdekaan Indonesia, di saat negara-negara lain belum berani untuk memutuskan sikap. Hal ini bahkan dilakukan sebelum Indonesia merdeka.

22 Maret 1946 karena dukungan kuat rakyat Mesir atas kemerdekaan RI membuat Pemerintahan Mesir mengakui kedaulatan Pemerintahan Indonesia pada 22 Maret 1946. Dengan begitu Mesir tercatat sebagai negara pertama yang mengakui proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah itu menyusul Syiria, Irak, Lebanon, Yaman, Arab Saudi, dan Afghanistan. Ini adalah common knowledge, ada di setiap buku Sejarah anak sekolah.

Jadi bagaimana Bpk. Wakil Gubernur? Mungkin pengetahuan sejarahnya harus diasah lagi pak. Atau jangan-jangan Buku Sejarah Keuskupan dari 1947 itu yang Bapak baca? Mungkin Bapak harus baca buku sejarah lainnya untuk komparasi. Hati-hati pengaburan sejarah lho Pak. Soalnya kata Founding Father bibit ideologi partai pengusung Bapak, “JASMERAH, JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH”

my.opera.com

my.opera.com

skalanews.com

skalanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s